Mantan Presiden UEFA dan Penggagas Liga Champions Meninggal

penggagas liga champions

topmetro.news – Mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Lennart Johansson meninggal dunia pada usia 89 tahun, Rabu (5/6/2019). Dia meninggal setelah menderita sakit. Johannson sendiri dikenal sebagai penggagas Liga Champions.

“Sepak bola Swedia sedang berduka,” kata Ketua Umum Asosiasi Sepakbola Swedia pada Rabu.

Lennart Johansson mengepalai UEFA dari tahun 1990-2007. Ia merupakan sutradara di balik pembentukan Liga Champions yang terbukti telah memberikan identitas baru dan pemasukan yang sangat besar bagi klub-klub di Eropa.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyatakan, Johansson akan selalu dikenang sebagai arsitek dan penggagas Liga Champions.

“Sepakbola dunia akan selalu berterima kasih kepadanya karena apa yang telah ia capai untuk pertandingan yang cantik ini,” kata Ceferin dalam pernyataan tertulis dikutip Reuters.

BACA | Ronaldo Antar Portugal ke Final Liga Negara Eropa

Lennart Johansson dan Sepp Blatter

Johansson bersaing dengan Sepp Blatter asal Swiss untuk mengepalai federasi sepakbola dunia FIFA lewat voting di 1998, namun kalah. Blatter, yang kemudian memimpin FIFA selama 17 tahun, sekarang menjalani enam tahun larangan berurusan dengan dunia sepak bola karena melanggar kode etik.

Keduanya adalah rival. Johansson seperti dikutip oleh Asosiasi Sepakbola Swedia mengatakan, “Orang-orang menyukai pertarunganku dengan Blatter selama 20 tahun ini.”

Johansson memimpin sepakbola Eropa ketika dalam masa-masa yang bergejolak. Saat itu, aliran uang dari televisi membanjiri sepakbola. Dan para pemain mendapatkan kebebasan untuk berpindah negara dan klub di Eropa.

“Liga Champions menjadi kesuksesan yang sangat besar. Tapi capaian terbesar Lennart Johansson adalah menemukan keseimbangan yang rapuh antara permintaan klub yang besar dengan kebutuhan secara umum dunia sepakbola,” kata Asosiasi Sepakbola Swedia.

Johansson merupakan suporter sepanjang masa dan presiden kehormatan bagi klub sepakbola asal Stockholm AIK.

sumber | republika.co.id

Related posts

Leave a Comment